Sabtu, 07 Juli 2012

PROSEDUR PENERIMAAN KAS


Didalam prosedur ini mencakup semua transaksi beserta dokumen dari awal transaksi yaitu Customer, bagian Marketing, bagian Keuangan, bagian Warehouse,dan berakhir di bagian Akuntansi.
Dokumen-dokumen yang terkait di dalam prosedur ini adalah sebagai berikut :
1.    Purchase Order (PO) adalah dokumen dari customer yang berfungsi sebagai daftar
pesanan atas pembelian yang akan dilakukan.
2.    Sales Order (SO) adalah dokumen yang berfungsi untuk mencatat pesanan yang diterima dari customer.
3.    Rekening Koran adalah dokumen dari bank yang berisi mutasi transaksi atas rekening perusahaan.
4.    Delivery Order (DO) adalah dokumen yang berfungsi sebagai surat perintah penyerahan barang kepada pembawa surat tersebut, yang ditujukan kepada bagian warehouse.
5.    Invoice adalah dokumen yang berfungsi sebagai pernyataan tagihan yang harus dibayar pembeli atas barang yang dibeli customer.

Berikut proses transaksi yang terjadi dalam Prosedur Invoicing :
1.    Marketing melakukan dealing penjualan dengan customer.  Berdasarkan dealing atau Purchase Order (PO) customer,marketing membuat Sales Order (SO).
2.    Marketing mengirimkan copy SO ke Dept Finance bagian Account Receivable (AR) untuk release Shipment jika customer sudah membayar.
3.    Dept Finance akan merelease SO jika sudah menerima copy SO dan bukti transfer dari customer
4.    Setelah dept finance merelease SO maka schedule shipment akan muncul di sistem Administration Dept
5.    Adm Dept bagian warehouse outgoing mencetak DO berdasarkan shipment schedule yang muncul di sistem
6.    Barang dikirim ke customer dan serahkan DO asli ke customer dan serahkan DO copy  ke AR finance
7.    Dept AR finance membuat invoice berdasarkan DO dan mengirim invoice ke customer
8.    Jurnal penjualan akan otomatis terbentuk di sistem Accounting perusahaan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar